SYARAT
DAN JOB TELLER BANK
Dalam sebuah Bank mungkin ada yang mengistilahkan
Teller
dengan sebutan Customer Care atau mungkin Customer
Service aka CS, boleh saja di samakan karena pada
dasarnya seorang Teller juga sebenarnya customer
based dengan tugas umum yaitu melayani customer(nasabah).
Untuk istilah lain mungkin hanya berbeda nama saja karena biasanya di sesuaikan
dengan perusahaan bidang apa, untuk kasus penamaan posisi selain Teller
cenderung menggunakan alternatif Customer Care, Customer Service, Staff
Officer, Receptionist dan atau Front Office (tergantung jenis
perusahaan jasa itu sendiri).
Suka duka seorang Teller tentunya juga beragam
namun hal ini juga di pengaruhi oleh banyak hal karena seorang pegawai
mempunyai watak dan sifat yang berbeda pula, seorang Teller yang baik
disarankan memiliki syarat utama versi jobdesc berikut :
Syarat Menjadi Teller Bank
1. Ramah dan Sopan
Ini paketan yak, soalnya merupakan hal dasar yang
harus di terapkan kepada semua teller bank, tapi alangkah baik jika semua
pegawai itu ramah kepada semuanya karena dengan ramah pembawaan orang yang
berinteraksi dengan kita akan merasa di hargai dan ini akan memicu orang
tersebut untuk ramah juga kepada kita.
2. Sabar dan Teliti
Sabar, adalah sabar ketika dalam tekanan
pekerjaan yang diluar emosinya karena harus kita ketahui mood dalam bekerja
bisa berubah drastis jika ada sesuatu yang membuatnya tidak nyaman.
Teliti, nah yang ini tidak perlu kita bahas detil
karena teliti sangatlah point penting bagi seorang officer terlebih seorang
teller yang setiap harinya bekerja berkutat dengan angka dan uang, jika anda
melakukan kesalahan sedikit saja berarti anda akan menggantinya
3. Good Looking
Susah di jelaskan karena good looking itu
relatif, yang jelas anda harus terlihat menarik di mata orang lain dan anda
akan di tuntun tampil sempurna baik dari sisi fisik, pakaian, dan kelakuan
anda. Berpenampilan menarik tak harus cantik atau ganteng tapi sesuaikan
penampilan anda dengan apa yang ada di sekitar anda, utamakan berdandan rapi.
Ingat, jangan terlalu memaksakan diri tampil
sempurna tapi cobalah berdandan semaksimal mungkin dan jika fisik anda kurang
mendukung harus di akali dengan soft skill yang anda punya.
4. Komunikasi
Sebagai orang yang nantinya akan bertemu dengan
banyak nasabah anda di wajibkan menyapa dan tersenyum dalam kondisi apapun agar
nasabah anda tidak kabur dan tentunya merasa nyaman
Bagi anda yang merasa masih kesulitan berbicara
dengan orang lain belajarlah public speaking sendiri dengan cara melatih
berbicara dengan cermin setiap pagi setelah bangun tidur, pagi hari sangat
tepat untuk melatih speaking anda.
Nah diatas adalah syarat utama menjadi Teller
Bank, sedangkan untuk job desk seorang teller atau tugas Teller bank silakan
simak informasi di bawah ini :
Job Desk Seorang Teller
- Menyelesaikan transaksi penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah, meliputi :tabungan, pengiriman/transfer, pencairan dana/giro/cek
- Melakukan rekap termasuk di antaranya setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan
- Melayani penjualan dan pembelian valuta asing dari dan oleh nasabah.
- Memastikan pencapaian target bulanan Teller(pendapatan uang masuk, tiap bank berbeda2)
- Menjaga hubungan baik dengan nasabah termasuk perilaku baik terhadap semua nasabah
- Mendapatkan/mengakuisisi nasabah baru
- Memberikan saran produk yang tepat kepada nasabah
- Setelah rekap harian beres pastikan semua perlatan meja kerja anda bersih dan lengkap,biasakan melakukan pengecekan ini sebelum dan sesudah bekerja
Diatas merupakan syarat dan job
deskripsi seorang Teller Bank yang kami sajikan untuk pembaca
sekalian sebagai referensi jika suatu saat nanti ingin bekerja sebagai Teller di Bank.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar